Rabu, 09 Juli 2014

Kota Pandaan



Pandaan adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Pasuruan yang dilalui oleh Jalan Raya Surabaya Malang. Terletak diantara dua kota besar membuat Pandaan menjadi daerah yang diperhitungkan sebagai daerah dengan perkembangan yang sangat pesat. Hal itu bisa dimaklumi karena disamping merupakan daerah industri, letak geografis menyebabkan Pandaan menjadi sasaran para kontraktor untuk membuka lahan yang prospektif baik dari segi ekonomi maupun bisnis. 

Pandaan bersebelahan dekat dengan kecamatan Prigen yang memiliki hawa dingin karena terletak di pegunungan. Pandaan juga dekat dengan Taman Safari II yang juga terletak di kecamatan Prigen.


Pembukaan The Taman Dayu pada tahun 2007 di desa Karangjati juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendatang.Taman Dayu awalnya adalah kawasan perumahan elit dengan fasilitas wisata air (water park), lapangan Golf, dan outbond tetapi kemudian dikembangkan menjadi pusat perdagangan juga yang dikenal dengan Pandaan Central Business District (CBD), dimana didirikan pusat jajanan kuliner "Food Terrace", supermarket, kawasan ruko Little Shanghai & Little Persia, Taman hiburan rakyat, dan lain-lain

Tak lupa Taman Candra Wilwatikta yang merupakan pusat kegiatan seni di pandaan bahkan di Kabupaten Pasuruan. Di Taman Candra Wilwatikta juga terdapat penangkaran rusa yang selalu menjadi hal menarik bagi pengunjung terutama anak-anak. Di depan Taman Candra Wilwatikta terdapat 'Depot Sri'. Warung makan yang sudah terkenal sejak dulu ini bahkan pernah dikunjungi Ibu Megawati.  


Mungkin terlalu dini jika Pandaan disebut sebagai kota mengingat Pandaan hanyalah sebuah kecamatan yang relatif lebih ramai dibandingkan kecamatan-kecamatan lainnya di Kabupaten Pasuruan. Namun apa salahnya jika kita sebut Kota Pandaan atau agar lebih sreg kita sebut saja Kota kecil Pandaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar