Rabu, 09 Juli 2014

Perkembangan Teknologi

Teknologi sudah menjadi bagian dari kehidupan yang tak terpisahkan. Mengulas merupakan hal yang wajar bahkan harus bila tak ingin ketinggalan zaman. Perubahan waktu dan struktur masyarakat sangat berkaitan erat dengan perkembangan teknologi.
Teknologi informasi adalah bagian dari teknologi yang tak terpisahkan. Teknologi informasi menfokuskan bidang garapannya pada bagaimana sebuah informasi menyebar menggunakan sarana teknologi. Dalam laman wikipedia online, disebutkan bahwa Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Sehingga teknologi terbaru selalu dapat memudahkan manusia dalam pekerjaan harian atau yang lebih spesifik.


Sedangkan teknologi informasi yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) merupakan istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel). Teknologi informasi terbaru seakan membuat dunia yang baru dari dunia yang nyata ini.

Dimaksudkan dengan dunia baru karena banyak peralatan elektronik yang memudahkan sekaligus menjadikan hidup lebih mudah, namun juga menjadikan ketergantungan yang tinggi bahkan tak bisa dipisahkan terhadap teknologi informasi. Masakini merupakan masa dimana teknologi informasi berkembang cepat, hal ini ditandai dengan banyaknya produk teknologi informasi yang mutakhir dan terbaru.

Contoh teknologi informasi terbaru adalah ponsel pintar yang merupakan alat komunikasi genggam dimana hampir seluruh data informasi diri kita bisa disimpan. Kegunaanya juga bisa berbagai hal mulai dari berbicara jarak jauh atau menelphone orang lain, komunikasi video realtime hingga browsing dan mencari arah gedung atau kota tujuan.
Ada juga teknologi yang kiranya akan menggantikan buku yaitu ebook reader yang tipis dan lebih ramah lingkungan karena buku berbentuk elektronik dan disimpan dalam device yang mudah dibawa kemana-mana. Begitupa tablet, bentuk kecil dan terbaru dari sebuah komputer ini dengan mudah dapat dibawa kemana saja dan memiliki baterai dengan daya tahan yang lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar